Inovasi Terminal Darah Menjamin Ketersediaan Stok Darah di Bantaeng

Bupati Bantaeng Ilham Azikin, memantau kegiatan Terminal Darah di Puskesmas. (Foto dok. Humas Bantaeng)

BANTAENG-SUARAPESISIR.CO.ID, Pemerintah Kabupaten Bantaeng dibawah kendali H. Ilham Azikin sebagai Bupati, terus melakukan inovasi di sektor kesehatan, diantaranya dengan penerapan terminal darah di Puskesmas.

Terminal darah puskesmas merupakan salah satu terobosan Puskesmas di Bantaeng untuk menjamin adanya ketersediaan stok darah di Bantaeng.

Bupati Bantaeng, Ilham Azikin saat memantau proses pelaksanaan terminal darah di Puskesmas Bantaeng Jalan Elang, Kamis 13 Juni 2019 mengatakan, dengan adanya terminal darah ini, maka secara tidak langsung puskesmas dapat menekan angka kematian ibu yang melahirkan.

Keberadaan terminal darah menurut Bupati Bantaeng Ilham Azikin, diharapkan angka kematian ibu yang melahirkan dapat ditekan dengan terjaminnya stok darah di setiap Puskesmas,” tandasnya.

Bupati Bantaeng Ilham Azikin selain memantau proses pelaksanaan terminal darah, juga menyaksikan langsung proses pendaftaran pendonor dan proses pengambilan darah serta ia juga mengecek kuota bank darah pada Dinas Kesehatan.

“Pemantauan ini dilakukan untuk memberikan spirit, agar setiap puskesmas bisa terus menerapkan inovasi ini,” tandas Bupati Ilham Azikin.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bantaeng, dr Andi Ihsan mengatakan, terminal darah puskesmas merupakan persinggahan darah sementara di puskesmas, hal ini dilakukan dalam rangka menjamin ketersediaan darah bagi ibu melahirkan di puskesmas.

“Terminal darah ini merupakan program inovasi Dinas Kesehatan Bantaeng, yang diharapkan dapat menjadi rujukan tingkat nasional”.

Lebih lanjut Kepada Dinas Kesehatan Bantaeng menjelaskan bahwa sebelumnya, Kementerian Kesehatan menyebutkan donor darah dilaksanakan di Unit Transfusi Darah Rumah Sakit (UTDRS), namun Dinas Kesehatan melakukan inovasi dengan mengubah pelaksanaannya di puskesmas, sehingga darah yang terkumpul, juga bisa memasok UTDRS yang ada di Bantaeng.

(SP/Mukhlis)

Related Post

Leave a reply