YAYASAN PHAPEDA TELUK BINTUNI GELAR LOMBA OLAHRAGA PERMAINAN TRADISIONAL

Suasana kegiatan lomba yang digelar Yayasan Phapeda, lembaga pemerhati kaum perempuan dan anak di Teluk Bintuni Papua Barat

BINTUNI-SUARAPESISR.CO.ID, Ratusan anak-anak usia remaja dan kelompok ibu-ibu dari berbagai kampung disekitar wilayah Kota Teluk Bintuni, mengikuti lomba olahraga permainan tradisional yang digelar Yayasan Phapeda Teluk Bintuni Papua Barat.

Pendiri Yayasan Phapeda Teluk Bintuni Ny. Herlina Husain Manibuy, mengatakan lomba olahraga permainan tradisional tersebut digelar dalan rangka memperingati 1 tahun Yayasan Phapeda sekaligus untuk menyemarakkan peringatan hari Proklamasi Kemerdekaan RI ke 74.

Yayasan Phapeda adalah Lembaga Pemerhati Perempuan dan Anak di Teluk Bintuni Papua Barat.

Ny. Herlina Husain Manibuy, pendiri Yayasan Phapeda pemerhati kaum perempuan dan anak di Teluk Bintuni Papua Barat.

Menurut Mama Evi sapaan akrab Ny. Herlina Husain Manibuy, melalui kegiatan lomba ini, pihaknya ingin mengajak anak-anak dan kaum perempuan agar lebih gemar berolahraga, pasalnya saat ini anak-anak semakin sibuk dengan gadget yang kerap dipegangnya.

Mama Evi menambahkan, kegiatan yang melibatkan keluarga ini, berawal dari keprihatinannya sebagai seorang Ibu terhadap perkembangan anak yang saat ini, cenderung lebih menyukai permainan gadget. Akibatnya, aktivitas gerak fisik jarang sekali dilakukan anak-anak dan sama sekali tak mengetahui olahraga tradisional. “Padahal, pada jenjang usia anak, itu membutuhkan lebih banyak aktivitas fisik untuk melatih gerak motorik dasarnya,” ungkap Mama Evi.

Dalam kegiatan lomba ini, permainan yang ditampilkan dengan melibatkan anak-anak dan sejumlah ibu-ibu, yakni lomba benteng, tali masuk, dan Mural.

Khusus untuk lomba Mural atau melukis pada tembok yang melibatkan anak-anak SMP dan SMA, akan mendapatkan hadiah berupa piagam dan uang pembinaan dalam bentuk tabungan, ungkap Mama Evi.

(SP/Klis)

Related Post

Leave a reply