Peringati Malam Nuzulul Qur’an, Bupati Bantaeng Ajak Tingkatkan Pengamalan Al-Qur’an

Bupati Bantaeng H. Ilham Azikin, pada peringatan Malam Nuzulul Qur’an di Bantaeng.

BANTAENG-SUARAPESISIR.CO.ID, Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Bulan Suci Ramadhan kali ini berlangsung di tengah pandemi Covid-19 melanda dunia, namun meskipun di tengah merebaknya wabah Covid-19, Pemerintah Kabupaten Bantaeng tetap menggelar peringatan malam Nuzulul Qur’an atau malam turunnya Al-Qur’an untuk seluruh umat manusia melalui Nabi Muhammad SAW, melalui live streaming di Rumah Jabatan Bupati Bantaeng, Rabu (13/’5/2020) malam.

Bupati Bantaeng, H. Ilham Azikin dalam sambutannya mengatakan bahwa peringatan malam Nuzulul Qur’an ini sebagai salah satu wujud implementasi komitmen pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT.

“Dalam suasana siaga bencana akibat merebaknya pandemi Covid-19, kita melaksanakan peringatan Nuzulul Qur’an dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan”, ujar Bupati.

Bupati juga menghimbau kepada seluruh masyarakat agar menjadikan peringatan Nuzulul Qur’an tidak hanya sekedar sebagai rutinitas, namun wahana introspeksi diri untuk meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran yang terkandung dalam Al-Qur’an.

“Jika kita senantiasa meningkatkan pengamalan Al-Qur’an sehingga nilainya menyertai sikap kita, maka akan terwujud negeri yang penuh kebaikan. Kita semua juga tentu berharap agar upaya pencegahan penyebaran pandemi Covid-19 semakin membuahkan hasil sehingga kita terbebas dan dapat beraktivitas seperti sedia kala”, tandas Bupati.

Sementara ceramah Nuzulul Qur’an dibawakan oleh H. Abdul Haris Nurdin, Lc, menjelaskan bahwa malam Nuzulul Qur’an adalah malam yang paling mulia, dimana diturunkannya kitab suci Al-Qur’an pertama kali kepada Rasulullah SAW. Beliau menekankan bahwa kita semua harus senantiasa mengimplementasikan nilai-nilai yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

“Inti dari peringatan malam Nuzulul Qur’an adalah bagaimana kita menjadikan momentum ini untuk kembali pada pengamalan Al-Qur’an”, jelasnya.

Peringatan malam Nuzulul Qur’an ini diikuti oleh Wakil Bupati Bantaeng, H. Sahabuddin, Ketua DPRD Bantaeng, Hamsyah, Kapolres Bantaeng, Wawan Sumantri, Dandim 1410 Bantaeng, Tambohule Wulaa, Ketua Pengadilan Negeri Bantaeng, Ujang Irfan Hadiana, serta para Kepala SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Bantaeng.

(SP/Mukhlis)

Related Post

Leave a reply