“MAKNAI BULAN SUCI RAMADHAN, AGAR HIDUP LEBIH BERMAKNA”

MAROS – SUARAPESISIR.CO.ID, Bulan suci Ramadhan merupakan bulan kesembilan pada penanggalan tahun Hijriah, bulan Ramadhan juga menjadi bulan yang paling dirindukan oleh umat muslim di berbagai belahan dunia.

Bulan ramadhan banyak yang memaknai dan menyebutnya sebagai bulan yang lebih baik dari seribu bulan, betapa tidak karna hanya di bulan Ramadhan amal kebaikan umat muslim akan dibalas dengan berkah pahala yang berlipat ganda, bahkan bila kita menjalani puasa dengan sempurna, hingga datangnya hari lebaran, maka kita akan kembali fitrah, bersih dari dosa bagai seorang bayi yang baru lahir kembali.

Selain itu, bulan Ramadhan menjadi bulan yang begitu istimewa bagi umat muslim, karena di bulan ramadhan inilah pertama kali kitab suci umat Islam Al-Qur’an diturunkan. Sebagaimana yang tertulis dalam Q.S Al-Baqorah 185 bahwa Allah memuji bulan Ramadhan dari bulan-bulan lainnya karena bulan ini dipilih sebagai bulan diturunkannya Al-Qur’an.

Dalam sebuah hadis juga dikatakan bahwa bulan Ramadhan adalah waktu dimana kita mendekatkan diri kepada Allah SWT, maka nilainya sama dengan tujuh puluh kali lipat dari kewajiban yang dilakukan di bulan-bulan lainnya.

Karena itulah takkala datangnya bulan Ramadhan, umat muslim berlomba-lomba dalam kebaikan dengan menjalankan amalan shaleh lainnya.

Ramadhan bulan penuh berkah, itulah yang menjadi alasan mengapa bulan Ramadhan juga disebut sebagai malam seribu bulan. Karena saat seorang muslim melakukan sebuah kebaikan di bulan Ramadhan, ia akan mendapat keberkahan yang nilainya sama dengan seribu bulan.

Dalam sebuah Hadis Riwayat Bukhari dijelaskan bahwa setiap muslim berkesempatan untuk meraih pahala sebanyak-banyaknya bahkan dengan ibadah yang sempurna pada bulan puasa akan menjadikan kita kembali bagaikan seorang bayi yang baru lahir.

Di bulan suci Ramadhan, Allah akan memberikan jaminan pengampunan dosa, serta dikabulkannya setiap doa dan perbuatan yang baik.

Tidak hanya itu, di salah satu dari 10 hari terakhir bulan Ramadhan, juga terdapat malam yang paling baik diisi oleh doa-doa yang baik dan mukjizat dapat turun di malam Lailatul Qadar.

Berbagai keutamaan bulan Ramadhan itulah, sehingga ummat muslim di berbagai belahan dunia, berlomba-lomba dalam kebaikan, seperti halnya yang dilakukan ummat muslim di tanah Salewangeng Maros Sulawesi Selatan.

Suasana kebersamaan berbuka puasa di Masjid Al Markas Al Islamik Maros Sulsel.

Setiap sore di masjid Al Markas Al Islamik Maros, ratusan masyarakat setiap harinya selalu memadati serambih masjid, dari usia anak-anak hingga dewasa serta musyafir yang kebetulan mampir untuk berbuka puasa bersama dengan takjil yang memang selalu disiapkan oleh Takmir Masjid Al Markas Al Islamik Maros dikala bulan suci Ramadhan.

Buka puasa bersama seperti ini, selain dimaksudkan untuk mempererat tali silaturahmi antar sesama ummat muslim juga merupakan ladang pahala untuk menggapai magfirah-NYA dan jalan menuju fitrah-NYA.

Mari bersama kita mamaknai bulan suci Ramadhan ini dengan menghambakan diri hanya kepada-NYA secara khaffah dan tulus dari hati sanubari yang paling dalam, agar dunia yang kita tempati bisa lebih aman dan tentram serta hidup lebih bermakna.(SP/mukhlis)

Related Post

Leave a reply