Upaya Ketua TP-PKK Bersama Wanita Tani Bantaeng Mengoptimalisasi Lahan Pekarangan Sebagai Sumber Ekonomi dan Gizi Keluarga

Sri Dewi Yanti Ilham Asikin, Ketua TP-PKK Bantaeng, bersama Kelompok Wanita Tani (KWT) Bantaeng di salah satu lahan pekarangan yang telah berhasil dioptimalisasi.

BANTAENG, suarapesisir.co.id. – Perempuan adalah sumber daya manusia (SDM) yang memiliki potensi yang cukup tinggi dalam kaitannya sebagai subyek dan obyek pembangunan.

Sebagai bagian terbesar dari sumber daya manusia, perempuan dengan talentanya, memiliki peran strategis dalam sebuah tatanan kehidupan bermasyarakat.

Peran penting tersebut tercermin dalam berbagai aspek kehidupan baik dalam lingkup keluarga, maupun masyarakat bahkan negara.

Dari berbagai kajian, cukup banyak dipaparkan bahwa perempuan adalah agent of development sebagai aset bangsa yang potensial, perannya sebagai kontributor sangat dibutuhkan dalam demensi pembangunan bangsa.

Dengan segala potensi yang dimiliki kaum perempuan itulah, Sri Dewi Yanti Ilham Asikin Ketua TP-PKK Kabupaten Bantaeng, berupaya mengembangkan potensi diri yang dimiliki kaum perempuan Butta Toa yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani Kabupaten Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan.

Seiring dengan sepuluh program wajib PKK, Sri Dewi Yanti Ilham Asikin, mengajak para Kaum Wanita Tani (KWT) Bantaeng untuk lebih memaksimalkan pelaksanaan program kegiatan optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan sebagai sumber gizi bagi keluarga.

Program pemanfaatan lahan pekarangan sebagai sumber gizi, saat ini tersebar pada lima lokasi di Bantaeng yakni, di Desa Bonto Rannu, Desa Bonto Bulaeng, Desa Mappilawing, dan Desa Barua serta Kelurahan Tanaloe.

Sri Dewi Yanti Ilham Asikin kepada suarapesisir mengatakan bahwa pemantaatan lahan pekarangan
untuk menanam aneka macam sayuran ini, boleh jadi tidak hanya menjadi sumber gizi bagi keluarga, namun juga dapat membantu menambah penghasilan ekonomi keluarga, tandas Sri Dewi Yanti Ilham Asikin Ketua TP-PKK Kabupaten Bantaeng.

Disamping itu Sri Dewi Yanti Ilham Asikin sebagai Ketua TP-PKK Kabupaten Bantaeng mengajak para kaum perempuan Bantaeng khususnya mereka yang tergabung dalam TP-PKK yang ada di Desa dan Kelurahan agar dapat selalu bersama-sama mengaktifkan Dasawisma PKK, guna untuk pengembangan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Kunjungan Ketua TP-PKK Bantaeng di lima wilayah Desa dan Kelurahan tersebut, didampingi oleh Rita Siamba Pasha Kepala Dinas, serta sejumlah pejabat struktural setingkat Kabid dan Kasie pada Dinas Ketahanan Pangan Bantaeng, juga turut serta Pokja III PKK Bantaeng.(SP/mukhlis)

Related Post

Leave a reply