DEKRANASDA KABUPATEN MAROS, TAMPIL SEBAGAI JUARA PAFORIT.

Ketua Dekranasda Kabupaten Maros Hj. Suraida Bohari (tengah) dengan Kebaya hiasan payet, seusai tampil pada malam Fasion Show di Hotel Claro Makassar, dan paling kanan Ketua Harian Dekranasda Kabupaten Maros, Andi Rosman, S.Sos., MM.

MAROS-SUARAPESISIR.CO.ID, Dekranasda Kabupaten Maros pada pameran Kerajinan Nasional Daerah dan Produk Industri Kreatif Nusantara 2019,  yang di gelar di Hotel Claro Makassar, tampil sebagai juara paforit.

Pameran Kerajinan Nasional Daerah dan Produk Industri Kreatif Nusantara 2019, tersebut dibuka oleh Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah selasa 6/8/2019, dan diikuti oleh 24 Kabupaten/ Kota se Sulawesi Selatan.

Berbagai Produk unggulan kerajinan khas dari Kabupaten Maros ditampilkan dalam pameran tersebut, diantaranya produk kerajinan payet sebagai hiasan pakaian, dan merchandise kupu-kupu khas Bantimurung.

Disamping itu juga ada produk jamur krispy, dan roti Maros serta kue tradisional Baruasa.
 
Ketua Dekranasda Kabupaten Maros, Hj. Suraida Bohari mengatakan, saat ini pihaknya tengah mendorong daerah,  Maros menjadi sebuah Kota Payet.

Menurut Hj. Suraida, sejak dulu Kabupaten Maros sudah dikenal dengan kerajinan Payet atau hiasan manik-manik sebagai hiasan yang ditambahkan pada jenis pakaian seperti kebaya, ataupun pada jenis pakaian lainnya,” ungkapnya.
 
Pengrajin payet, perlu mendapat perhatian, agar kerajinan ini tidak hanya sebagai aktifitas sampingan yang sekedar untuk mencari penghasilan tambahan atau pengisi waktu senggang ibu-ibu rumah tangga, namun kerajinan payet ini dapat menjadi aktifitas utama sebagai penopan kekuatan ekonomi untuk mensejahterakan keluarga.
 
Sementara itu menurut Ketua Harian Dekranasda Andi Rosman,S.Sos.,MM yang juga sehari-harinya menjabat sebagai Kepala Dinas PMPTSP Kabupaten Maros, mengatakan bahwa pihaknya akan terus bekerjasama dengan para pelaku UKM yang ada dalam mengembangkan berbagai produk unggulan lainnya yang ada di Kabupaten Maros, tandasnya.
 
Disamping itu, pihaknya juga akan terus berupaya untuk memediasi pengurusan Hak Kekayaan Intelektual atau Hak Cipta bagi masing-masing produk, ungkap Andi Rosman disela-sela acara prosesi penutupan Pameran Kerajinan Nasional Daerah dan Produk Industri Kreatif Nusantara di Hotel Claro Makassar, Kamis malam 8/8/2019.
 
(SP/Mukhlis)

Related Post

Leave a reply