BUPATI BANTAENG ILHAM AZIKIN SHALAT IDUL ADHA DI TOMPOBULU

Bupati Bantaeng H. Ilham Azikin, saat menyampaikan sambutannya dihadapan jamaah shalat Idul Adha di lapangan Banyorang Kecamatan Tompobulu Bantaeng.

BANTAENG-SUARAPESISIR.CO.ID, Hari raya Idul Adha 2019 kali ini, bagi Ummat Muslim di Indonesia menjadi momentum yang makin syarat akan makna nilai kejuangan dan ketaatan, karena Idhul Adha 10 Zulhijja 1440 H kali ini bertepatan dengan 11 Agustus 2019 dimana bangsa Indonesia tengah menyambut peringatan HUT ke 74 Proklamasi kemerdekaan RI.

Mengenang kisah Nabi Ismail Alahissalam yang memiliki ketaatan dan pengabdian luhur kepada kedua orang tuanya, yakni Nabi Ibrahim Alahissalam, ayahandanya dan Ibudanya Siti hajar.

Yang mana ketika Nabi Ismail harus ikhlas untuk mengorbankan dirinya guna memenuhi perintah Allah SWT.

Perintah yang datang dikabarkan lewat mimpi sang Ayah, dan atas seruan dari Allah SWT agar Nabi Ibrahim Alahissalam, segera memenuhi nadzarnya, yakni berkenan menyembelih anaknya bernama Ismail.

Padahal beliau amat sayang dengan putranya tersebut, apalagi kala itu Ismail kecil masih berumur 7 tahun. Namun karena itu adalah perintah langsung dari Allah SWT, akhirnya pengorbanan tetap dilakukan dengan dasar ketaatan.

Tidak ada rasa nikmat sedikit pun jika tidak menaati perintah dari Sang pencipta alam semesta. Karena itulah dibalik sebuah ujian berat itu, Akhirnya Allah SWT telah mengganti Ismail dengan seekor domba, yang sampai hari ini kita peringati dengan sebutan Hari Raya Kurban.

Dimana setiap ummat muslim yang memiliki kemampuan dianjurkan untuk berkurban dengan menyembelih hewan peliharaan berupa kambing, sapi, ataupun domba, sebagaimana tuntunan dan risalah yang dibawa oleh Rasulullah SAW.

Ketaatan keluarga Nabi Ibrahim Alahissalam tersebut hendaknya menjadi suriteladan bagi kita semua, dan senantiasa menjaga kebersamaan di daerah ini, demikian paparan Bupati Bantaeng sesaat sebelum Shalat Idul Adha digelar di Lapangan Banyorang, Kecamatan Tompobulu Bantaeng, Ahad 11/8/2019.

Suasana ribuan jamaah shalat Idul Adha 1440 H, yang memadati lapangan Banyorang Kecamatan Tompobulu Bantaeng.

Disamping Bupati Bantaeng H. Ilham Azikin berharap, warga Bantaeng dapat membantu Pemerintah mewujudkan visi dan misi Pemerintahan dengan menjaga kondusifnya daerah ini, karena menurutnya, tidak ada pembangunan di daerah ini yang bisa berjalan baik jika hanya dilaksanakan Pemerintah saja tanpa dukungan dari masyarakat.

“Perlu ada sinergitas dan kebersamaan dengan masyarakat, dan sinergitas Muspida ataupun komponen bangsa yang ada di Bantaeng,” tandas Ilham Azikin dihadapan jamaah shalat Idul Adha 1440 H, yang memadati lapangan Banyoran Tompobulu Bantaeng.

Lebih lanjut Bupati Ilham Azikin mengungkapkan harapannya, agar masyarakat dapat terus bersama dengan Pemerintah mengisi kemerdekaan dengan meningkatkan rasa kepedulian terhadap Bantaeng dengan ragam kearipan lokal Tanah Toa.

Bupati Bantaeng H. Ilham Azikin juga mengajak Jamaah shalat Idul Adha memanjatkan doa untuk para Jamaah Haji asal Bantaeng yang saat ini sedang melaksanakan wukuf di Padang Arafah, agar para tamu Allah tersebut kembali ke Bantaeng dalam keadaan sehat wal afiat dengan membawah predikat haji mabrur.

(SP/Mukhlis)

Related Post

Leave a reply